Rabu, 04 September 2013

Hercule Poirot Dihidupkan Kembali, Apa Pendapatmu?


Pagi ini, saat membuka beranda Facebook saya membaca sebuah kabar yang cukup mengejutkan, bahkan boleh dibilang kontroversial dari akun fanspage Agatha Christie. Kabar apakah itu?
Agatha Christie’s Poirot returns in a new novel.
Period mystery with a fiendish plot, written by best-selling crime author Sophie Hannah. Head over to agathachristie.com to find out more...

Wow, setelah puluhan tahun diwafatkan, tokoh detektif Hercule Poirot akan dihidupkan lagi dalam novel baru yang ditulis oleh Sophie Hannah? Beragam komentar muncul dari para penggemar Agatha Christie. Tentu ada yang pro, namun lebih banyak lagi yang kontra. Beberapa komentar pada postingan tersebut saya copy disini (yang pro saya beri warna biru, dan yang kontra saya beri warna merah)

  • No offence to Sophie Hannah, but really, no need for that.
  • He came back from the dead? AC killed him off on purpose so this wouldn't happen. I will not be buying or reading it.
  • Guaranteed I will not be buying this book. I would rather buy yet another copy of a classic Christie novel than waste bookshelf space on this. Bad enough that we have been tortured by the horrible Miss Marple series where she is shoehorned into stories she never appeared in, now they are resurrecting a dead man just to line their pockets even more.
  •   That is total sacralege leave him be. I call that being a copy cat. Be original and don't pinch others ideas.
  • People, I understand your concerns, but at least give Ms. Hannah a chance. I am as rabid an Agatha Christie fan as anyone out there and, like you all, am disappointed with the new Marple series and (some) of the newer Poirot adaptations. But perhaps Sophie Hannah will stay faithful to Christie's charism. I don't know, I'm willing to at least give her a chance. That being said, I am making it a goal to read the novels that Christie wrote as "Mary Westmacott".
  • I say why not? Give her a chance. I for one would like a few more adventures from poirot. Have read almost all the other books multiple times. Would love some new stuff. Good luck Sophie Hannah 
  • Komentar selengkapnya lihat disini 
Saat membaca komentar-komentar tersebut, saya berpikir wajar sih ya kalo banyak penggemar Agatha Christie yang tidak setuju dengan rencana ini. Kenapa? Pertama, Agatha Christie selaku sang kreator telah memutuskan untuk mewafatkan tokoh Hercule Poirot di novel Curtain (Tirai). Meski saya pribadi kurang suka dengan ending novel Curtain (review saya disini, full of spoiler xD), tapi saya juga paham bahwa pasti ada alasan tersendiri kenapa Christie memilih mewafatkan Poirot di novel tersebut. Jadi, wajar kalau penggemar Christie menganggap rencana menghidupkan kembali tokoh detektif nyentrik ini merupakan tindakan yang menciderai hak prerogatif Agatha Christie. Bahkan, ada yang terang-terangan bilang kalau pemberian izin kepada Sophie Hannah untuk menulis kisah terbaru Hercule Poirot hanya didasari motif finansial saja (just to line their pockets even more). Alasan kedua, khususnya bagi para penggemar fanatik, tentu menganggap bahwa kemampuan Christie dalam menulis kisah Hercule Poirot tak akan mampu ditandingi oleh siapapun. Jadi, banyak yang khawatir kalau tulisan Sophie Hannah hanya akan merusak imej Poirot saja.

Hmm, karena informasi di fanspage tersebut hanya 'secuil', saya mencoba bergerilya mencari info langsung dari situs resminya. Ternyata, sekarang tampilannya udah berubah loh, halaman mukanya menjadi seperti ini :


Ternyata rencana ini serius ! (sengaja pake tanda seru biar lebih dramatis :p)

Yap, penerbit Harper Collins dan pemegang hak cipta novel-novel Agatha Christie, Acorn Productions Limited telah memperkenalkan Sophie Hannah secara resmi kepada publik Rabu kemarin. Konon, saat ini Sophie telah selesai membuat plot untuk novel tersebut, dan direncanakan novelnya akan terbit pada September 2014. Judul untuk novel ini sampai sekarang belum ditentukan.


Sejujurnya sebelum ini saya belum pernah mendengar nama Sophie Hannah. Kalau dari situs resminya Agatha Christie sih disebutkan bahwa Hannah ini telah menulis sejumlah novel, yang terbaru berjudul The Carrier,  yang telah diterbitkan di 24 negara, saya gak tahu Indonesia termasuk atau enggak, sepertinya sih enggak yaa *CMIIW*


Walaupun belum pernah baca tulisannya Miss Hannah ini, sejujurnya saya penasaran dengan novel Poirot yang akan ditulisnya. Jadii, saya putuskan bergabung dengan penggemar yg pro saja xD just give her a chance to present the new Poirot ;) saya ingin tahu bagaimana penggambaran sosok detektif favorit saya ini di mata penulis lain. Tetapi saya tidak akan menaruh ekspektasi terlalu tinggi supaya gak kecewa nantinya.

Satu hal yang jadi pertanyaan saya, kira-kira tokoh Poirot akan dihidupkan dengan skenario apa ya? Apakah akan 'meniru' The Untold Story-nya Sherlock Holmes? Atau, apakah Poirot akan 'ditarik' ke setting masa kini? Hmm, karena belum ada bocorannya, mari kita tunggu saja :D

Oh iya,meskipun saya pro dengan rencana ini, tapi saya berharap proyek ini akan menjadi proyek pertama dan terakhir ! Saya akan berubah jadi kontra seandainya proyek ini dibuat berseri, tak peduli sebagus apapun kisah Poirot versi Hannah. Kenapa? Simpel, karena Poirot tetap milik Christie. Kalau mau membuat novel detektif berseri, saya pikir lebih baik kalau Hannah menciptakan karakternya sendiri :)

Nah,itu pendapat saya, bagaimana dengan kalian? Share yuk ;D

7 komentar:

Juhendy Setiawan on 5 September 2013 pukul 01.34 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Juhendy Setiawan on 5 September 2013 pukul 01.36 mengatakan...

Sedih...

Poirot kan sudah meninggal baik secara fiksi maupun real. Seharusnya tidak perlu 'dihidupkan' lagi seperti halnya Sherlock Holmes... Biarkanlah dia mati dan abadi sebagai milik Agatha Christie :'(

Ratri Anugrah on 5 September 2013 pukul 07.54 mengatakan...

Ngga terimaaaaaa....aku ikut kelompok kontra deh. Karyanya ngga bakal sama kayak Agatha. Kalau misalnya dia mau nulis Poirot dengan versi yg jauh beda, boleh boleh aja. Tapi jangan numpang nama gitu dong. Emang kesannya jadi numpang tenar dan ngambil keuntungan financialnya.

A on 5 September 2013 pukul 21.53 mengatakan...

hehe..sampe udah dibuatkan obituarinya ya di New York Times =)

A on 5 September 2013 pukul 21.58 mengatakan...

klo cm 1 novel yg dia buat,menurutku msh bisa diterima sbg wujud kekaguman Hannah pd Christie,, tp klo dibuat berseri, errrrr sepertinya istilah 'cuma numpang tenar' itu tepat ~_~

Hani Mahdiyanti on 8 September 2013 pukul 07.46 mengatakan...

nggak setuju kalo Poirot 'hidup' lagi, rasanya pasti nggak sama.. kalaupun mau nulis tentang Poirot jangan nerusin yang dari 'Curtain' lah, bikin versi lain, misalnya Poirot waktu muda atau kasus-kasus lain, jangan 'dihidupin' lagi.. kayak Agatha Christie aja nggak cukup.. huhuhuu >.<

A on 9 September 2013 pukul 10.04 mengatakan...

hahaa ternyata kebanyakan emang kontra ya. Belum ada bocoran sih yg dimaksud 'hidup kembali' itu gimana, yg pasti klo nerusin dari Curtain jadi gak logis banget xD

Posting Komentar

Silahkan komen :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
back to top
 

Boekenliefhebber Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino