Rabu, 21 Januari 2015

Reading Challenge 2015


Tahun 2014 bisa dibilang jadi tahun yang kurang sukses buat saya dalam hal perbukuan. Sepanjang tahun itu, saya lebih menikmati membeli buku ketimbang membaca, apalagi mereviewnya :p Dulu, saya nggak pernah lho membiarkan suatu buku yang baru dibeli ngegeletak berbulan-bulan di rak, tanpa dibuka sampulnya. Sekarang? Bzzzz, saya sendiri gak berani menghitung ada berapa buku yang masih tersegel rapi.

Nah, di tahun 2015 ini, rencananya saya mau tobat. Harus lebih semangat lagi menghabiskan timbunan itu, dan kalau bisa mereviewnya. Biar makin seru, kayaknya asyik nih kalau tahun ini saya kembali ikutan sejumlah Reading Challenge keren yang digagas temen-temen BBI ;).

 Lucky No. 15 Reading Challenge




Reading Challenge ini digagas oleh mbak Astrid, pemilik blog Perpus Kecil. Tantangannya, kita harus membaca buku sesuai 15 tema yang telah ditentukan. Satu tema minimal satu judul buku, kalau mau lebih dipersilahkan. Temanya asyik-asyik dan unik-unik lho. Ini yang bikin saya bersemangat mengikutinya.. Kelima belas tema itu adalah :

  1. Chunky Brick: Grab that book with more than 500 pages that you’d always been afraid to tackle. You know you can do it! ---> Buku yang akan saya baca : Various Flavour of Coffee by Anthonny Capella
  2. Something New: Just purchased a book lately? Don’t let it buried in your stacks, read it now! ---> Buku yang sudah dibaca : Walking After You by Windry Ramadhina
  3. Something Borrowed: Read a book that you borrowed from someone else. Don’t make the owner waiting forever for you to finish it. (Books borrowed from friends, libraries, or even rental places, are allowed) ---> Buku yang akan saya baca : Matahari Tengah Malam by Marga T. (pinjem di perpus kantor udah lebih dari setengah tahun yang lalu >,< rupanya saya lupa, saya taruh di rak dan tergeser ke bagian belakang. Baru sadar tadi pagi pas beres-beres. Untung belom dapat email teguran :p )
  4. It’s Been There Forever: Dig your TBR pile and read a book that has been there more than a year. It’s time for you to appreciate it :)
    ---> Buku yang akan saya baca : Misteri Tujuh Lonceng by Agatha Christie (biasanya buku Agatha Christie selalu langsung saya baca dan selesai dalam selesai dalam sekali duduk. Entah kenapa yang ini gak sempat-sempat saya baca).
  5. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now :D
    ---> Buku yang akan saya baca : 100 Year Old Man Who Climbed Out of The Windows by Jonas Jonasson, hadiah Secret Santa.
  6. Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content? Now it’s time to open the book and find out whether it’s really worth your cents. ---> Buku yang akan saya baca : The Best of Me by Nicholas Sparks, beli di Scoop waktu festival belanja online.
  7. Favorite Color: Pick a book from your shelf which has your favorite color for its cover! Is it pink, red or black? You decide. ---> Buku yang akan saya baca : Matilda by Roald Dahl, warna covernya perpaduan biru donker dan pink, dua warna favorit saya :D .
  8. First Initial: Read a book that has been written by an author whose first initial is the same with you (Example: My name is Astrid, and I can read anything written by Agatha Christie, Aesop, Arthur Conan Doyle, etc) ---> Buku yang akan saya baca : belum tahu. Di antara tumpukan timbunan saya ternyata gak ada satupun buku yang penulisnya berawalan D hahaha, berarti boleh beli baru dong ya?
  9. Super Series: Read one (or more!) books that belong in a series, it can be trilogy, or tetralogy, or anything. ---> Buku yang akan saya baca : Lord of The Rings. Oke, ini agak terlalu ambisius targetnya, tapi who knows saya bisa? :p.
  10. Opposites Attract: Read a book that’s been written by a writer whose gender is different from your own. ---> Buku yang akan saya baca : The Street Lawyer by John Grisham
  11. Randomly Picked: Ask someone else (a friend, your spouse, even your kids!) to randomly pick a book from your TBR pile. Don’t complain whatever they choose for you, just read it :)
    ---> Buku yang akan saya baca : belum tahu :))
  12. Cover Lust: Grab a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover. Is the content as good as the cover? ---> Buku yang akan saya baca : Cerita Buat Para Kekasih by Agus Noor, kepincut sama warna putih berpadu dark purple-nya >,<
  13. Who Are You Again?: You’ve never read a book from this author, maybe you haven’t even heard his/her name before. But who knows? Maybe he/she will become your new favorite author! ---> Buku yang akan saya baca : Little Women by Louisa May Alcott
  14. One Word Only!: Read a book that only has one word for its title (number is allowed as long as it’s only consisted of one word, e.g: 1, 2, 11). ---> Buku yang akan saya baca : Desiree by Annemarie Selinko
  15. Dream Destination: Read a book that has setting in a place you’ve never visited before – but would like to if you have a chance. Could be real places or even fictional! ---> Buku yang akan saya baca : Inferno, mengambil setting di Eropa dan Turki, lebih dari dream destination saya!
 Info lebih lanjut tentang challenge ini bisa dibaca di sini.

Read Big Challenge


Saya pernah ikut challenge ini di tahun 2013 waktu masih dihost oleh Ngidam Buku. Tahun 2014 vakum, dan syukurlah tahun ini challenge tersebut kembali dilanjutkan dengan host berbeda, Bunda Oryz :).

Tahun 2013 sih saya berhasil sampai di kelas Middleweight, tapi tahun ini saya mau ambil kelas Featherweight dulu aja lah (target 4 buku bantal). Buku-buku bantal yang udah ada dalam daftar baca :
  1. Various Flavor of Coffee
  2. Desiree
  3. Lord of The Rings
  4. Inferno
Koq semuanya buku-buku yang udah dipakai di challenge sebelumnya? Iya, hahaha.. Sambil menyelam minum air gituh ceritanya :p. Info lebih lanjutnya, monggo baca di sini.


 Baca Bareng 2015


Kalau yang ini, challenge-nya BBI :D. Saya belum jadi anak baik-baik rupanya di komunitas ini. Baik tahun 2013 maupun 2014, saya selalu gagal ikutan event baca bareng. Tahun ini, saya berharap bisa lebih sukses. Gak muluk-muluk harus ikut sepanjang 12 bulan. Minimal bisa ikut separuhnya saja, saya sudah senang :D. Ini list tema baca barengnya :

  1. Januari: Buku Secret Santa, dipos tanggal 30 Januari 2015. Buku yang akan saya baca : 100 Year Old Man
  2. Februari: Profesi, yaitu buku-buku yang di dalamnya dijelaskan cukup rinci mengenai profesi tokoh-tokohnya. Misalnya, Twivortiare Ika Natassa yang menjelaskan profesi bankir. Dipos tanggal 27 Februari 2015. Buku yang akan saya baca : The Street Lawyer atau The Guy Next Door
  3. Maret: Adaptasi buku ke film atau film ke buku, misalnya The Fault in Our Stars, Supernova, dll, dipos tanggal 31 Maret 2015. Buku yang akan saya baca : Lord of The Rings
  4. April: Buku yang sudah diterbitkan yang sebelumnya dipos online (wattpad, blog, forum, dll), misalnya Coup(L)ove Rhein Fathia, Kambing Jantan Raditya Dika, dll., dipos tanggal 30 April 2015.Buku yang akan saya baca : Klub Camilan
  5. Mei: Buku bertema Hak Asasi Manusia dan kritik sosial, misalnya I am Malala, Kumpulan Puisi Wiji Thukul, A Time to Kill John Grisham, dll., dipos tanggal 29 Mei 2015.Buku yang akan saya baca : Belum Tahu
  6. Juni: Budaya dan setting Indonesia, misalnya Laskar Pelangi Andrea Hirata, Lampau Sandi Firly, dll., dipos tanggal 30 Juni 2015.Buku yang akan saya baca : Belum Tahu
  7. Juli: Kenakalan anak-anak, misalnya serial Malory Towers Enyd Blyton, serial Anak-anak Mamak Tere Liye, dll., dipos tanggal 31 Juli 2015.Buku yang akan saya baca : Salah Satu Buku Roald Dahl
  8. Agustus: Seputar Perang Dunia I dan II, misalnya Code Name Verity Elizabeth Wein, A Farewell to Arms Ernest Hemingway, dll., dipos tanggal 28 Agustus 2015.Buku yang akan saya baca : Desiree
  9. September: Sastra Eropa, misalnya buku-buku Jane Austen, Leo Tolstoy, dll., dipos tanggal 30 September 2015.Buku yang akan saya baca : Little Women
  10. Oktober: Horror, misalnya buku-buku Eve Shi, R.L. Stines, dll., dipos tanggal 30 Oktober 2015.Buku yang akan saya baca : Belum tahu.
  11. November: Detektif / Thriller / Misteri, misalnya Gone Girl Gillian Flynn, Da Vinci Code Dan Brown, Agatha Christie, dll., dipos tanggal 27 November 2015.Buku yang akan saya baca : Belum tahu.
  12. Desember: Baca bareng 1 judul, ditentukan kemudian, dipos tanggal 28 Desember 2015.
Info lebih lanjut tentang challenge ini bisa dibaca di sini (ada event Opini Bareng juga lhoh ^^).

Doakan, saya sukses tahun ini! ^o^
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komen :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
back to top
 

Boekenliefhebber Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino