Selasa, 07 Januari 2014

Baca Bareng BBI 2014


Sepanjang tahun 2013, saya bisa dibilang anggota BBI yang 'nakal'. Setiap bulan, BBI selalu mengadakan kegiatan Baca Bareng (Read Along) dengan 2 tema berbeda yang sudah ditentukan di awal tahun. Memang, kegiatan ini bukanlah kegiatan yang bersifat wajib untuk diikuti oleh semua anggota. Dan sepanjang tahun 2013, saya hanya pernah satu kali mengikutinya, itupun karena kebetulan buku yang baru selesai saya review ternyata sama dengan tema baca bareng bulan tersebut. Benar-benar bukan anggota yang dapat dibanggakan xD.

Nah, tahun 2014 ini rencananya saya pengen 'insyaf'. Saya berniat untuk ikut kegiatan baca bareng, rutin selama 12 bulan. Setiap bulan kan ada 2 tema, kalau dua-duanya bisa ikut, ya akan saya usahakan, tapi minimal wajib ikut 1. Hossh, doakan saya bisa :D.

button is created by me


Tema baca tahun 2014 ini sebenarnya terbilang sulit buat saya. Banyak (bahkan mungkin hampir semua) temanya belum saya miliki bukunya. Sepertinya akan mencoba mengandalkan perpus atau pinjaman nih xD. Sementara ini, saya coba susun rencana membaca saya yang sudah tergambar saja yaa. Ini dia :

Januari
1. Fabel : Serial Huppa Huppi
Serial Huppa Huppi adalah serial buku anak-anak favorit adik saya. Tokoh utamanya adalah kembar bersaudara Huppa dan Huppi, si burung Hud-Hud. Setiap kali pulang ke rumah, saya pasti kebagian jatah untuk membacakannya. Jadi, saya pikir nggak ada salahnya kali ini saya coba mereviewnya.

2. Posbar Secret Santa
Sebagai lanjutan event Secret Santa BBI 2013, setiap peserta diwajibkan mereview buku yang diperoleh dari santanya masing-masing. Santa saya memberikan buku Catching Fire, yang saat ini sedang saya baca. Alhamdulillahnya, saya sudah nggak perlu lagi pusing-pusing memikirkan siapa Santa saya, karena saya sudah tahu dengan tingkat kebenaran 100%, berkat teman-teman Bajay Jaboers xD.

Februari
1. Historical Fiction Indonesia
Tahun lalu saya selesai membaca Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer), tapi belum direview. Mungkin saya akan re-read buku ini saja, lalu mereviewnya.

2. Kuliner
Untuk tema ini, kita diperbolehkan membaca buku fiksi ataupun non-fiksi. Hmm, tapi saya pengennya yang fiksi. Tapi, saya nggak punya satupun buku fiksi bertema kuliner, Terus saya musti gimana? Haha, dikeplak Bebi xD. Kalo baca manga yang ceritanya seputar profesi chef gitu boleh gak sih?

Maret
1. Oprah's Book Club
A Tale of Two Cities-nya Charles Dickens. Semenjak membaca Olliver Twist karya oom Dickens, saya terpesona dengan gaya penceritannya. Ditulis sejak berabad-abad yang lalu, tetapi tema ceritanya masih sangat sesuai dengan masa sekarang. Jadi, untuk tema ini, saya memutuskan akan membaca karya lain oom Dickens.

2. Puisi
Untuk tema ini, saya pass. Saya bukan penikmat puisi. Pernah sih sekali dua kali membaca buku puisi, tetapi kalau disuruh mereviewnya, haduh, nggak deh. Saya takut salah menilai dan akhirnya malah melukai para penggemar puisi *Oke, ini lebay. Tetapi, saya mengenal beberapa teman yang begitu mengapresiasi puisi, jadi saya nggak pede kalau harus sok-sokan 'menghakimi' nya. Hehehe.

April
1. Tema Perempuan
Buku-buku Ayu Utami sepertinya menarik untuk dibaca bulan ini.

2. Travel
99 Cahaya di Langit Eropa. Sudah punya bukunya, sudah dibaca juga, tapi masih malas mereview, nunggu bulan April aja deh xD.

Mei
1. Khatulistiwa Literary Award 2013
Pengen banget baca Murjangkung >,< Tapi sepertinya saya akan membaca Kei saja, yang bukunya sudah tersedia.

2. Humor dan Komedi
Baca Lupus aah, nostalgia masa SD #iyaa, saya baca Lupus dari SD -,-

Juni
1. Sastra Asia
Totto Chan . Iyaa, saya belum pernah baca buku yang konon bagus banget ini >,<.

2. Fairy Tales
Pengen banget baca Dongeng Grimm Bersaudara. Semoga bisa.

Juli
1. Buku tentang masalah remaja/keluarga
List judul untuk tema ini menyusul.

2. Buku Sicklit
Sepertinya akan pass untuk tema ini. Tahun lalu, saya membaca The Fault in Our Stars yang digadang-gadang sangat mengharu-biru, tetapi saya koq malah merasa biasa saja ya? Saya memahami romansa antara Augustus dan Hazel Grace, tetapi saya sama sekali tidak bisa masuk ke nuansa 'sakit'nya. Dan karena itu, saya tidak berencana untuk membaca tema sejenis dalam waktu dekat.

Agustus
1. Tema Lokal/Nusantara
List judul untuk tema ini menyusul. Btw, kangen baca buku seperti Timun Emas, Bawang Merah Bawang Putih, dan sejenisnya :').

2. Buku Indonesia terbitan 2014
Sepertinya akan pass untuk tema ini. Saya sangat jarang membeli buku pada tahun terbitnya, yah kecuali kalau saya mendapat buntelan dari penulis/penerbit :p.

September
1. Buku Silat
Pass. Nggak punya koleksi buku silat hehe.

2. Buku dengan rating rendah di Goodreads
Errr.. Sejujurnya saya penasaran dengan buku biru yang pernah mengguncang jagad goodreads itu -___-.

Oktober
1. Terbitan Balai Pustaka
Aaah, udah lamaa nggak baca buku terbitan Balai Pustaka. Kemungkinan akan baca Marah Rusli : Memang Jodoh.

2. Buku terbitan tahun lahir kita
Buku yang terbitnya tahun 1990 apa yaa? List menyusul deh Insya Alloh.

November
1. Newberry Book List
The Graveyard Book (Neil Gaiman). Belum punya bukunya sih hehe, tapi saya memang sudah berniat mengoleksi buku-buku Gaiman. Semoga bisa nemu di obralan *ngarep banget xD.

2. Buku dengan unsur angka
To be announced. Belum kepikiran xD.

Desember
1. Vote for your own choice
Karena temanya juga belum ditentukan, otomatis judulnya juga belum bisa saya pilih.

Yap, itulah dia list buku yang akan saya baca untuk bekal Baca Bareng BBI Tahun 2014. Kalau kamu bukan anggota BBI tetapi tertarik juga untuk baca bareng kami, boleh bangeet. Yuk, kita giatkan membaca buku :D.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komen :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
back to top
 

Boekenliefhebber Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino