Kamis, 30 Januari 2014

[Review #2] Catching Fire (Posbar SS 2013



Api pemberontakan sudah tersulut. Dan Capitol ingin membalas dendam

Katniss Everdeen berhasil keluar sebagai pemenang Hunger Games bersama Peeta Mellark. Tapi kemenangan itu menyulut kemarahan Capitol. Kemenangan Katniss ternyata membangkitkan semangat pemberontakan di beberapa distrik untuk menentang kekuasaan Presiden Snow yang kejam.

Presiden Snow mengancam Katniss untuk meredakan kegelisahan penduduk distrik dalam Tur Kemenangan-nya. Satu-satunya cara untuk meredakan kegelisahan penduduk adalah membuktikan bahwa dia dan Peeta saling mencintai tanpa ada keraguan sedikit pun. Jika gagal, keluarga dan semua orang yang disayangi Katniss menjadi taruhannya....


Ini adalah buku kedua dari trilogi Hunger Games. Bagi yang belum membaca buku pertamanya (yang berjudul Hunger Games), saya sarankan jangan membaca review ini karena kemungkinan akan menemukan spoiler. Tapi kalau mau nekad, ya silahkan saja hehehe.


Sedikit penyegaran tentang buku pertama. Hunger Games merupakan sebuah permainan di negara khayali bernama Capitol.  Dahulu kala, Capitol memiliki 13 distrik jajahan. Namun, karena pemerintahnya bersifat diktator, salah satu distrik (yakni distrik 13) memutuskan untuk memberontak. Sayang, pemeberontakan tersebut berhasil ditumpas oleh Capitol hingga seluruh penduduknya dinyatakan musnah. Capitol yang tidak ingin kejadian tersebut ditiru oleh distrik-distrik lainnya lalu menciptakan permainan Hunger Games. Setiap tahun, masing-masing distrik wajib 'menyumbangkan' 2 peserta untuk menjadi peserta Hunger Games sehingga total ada 24 peserta. Aturan permainannya sederhana saja, seluruh peserta akan dikumpulkan dalam sebuah arena yang terisolasi, dan permainan baru akan dinyatakan berakhir apabila tinggal 1 peserta yang bertahan hidup. Itu artinya, mereka harus membunuh, atau siap dibunuh !

Selasa, 28 Januari 2014

[Review #1] Seri Hupi dan Hupa : Sakit Perut


Hupi, Hupa, Moly, dan Kimo datang ke Bazar murah di SD Lestari. Berbagai barang di jual di sana. Hupi yang suka jajan, tidak segan-segan membelanjakan uangnya untuk membeli makanan. Tapi tiba-tiba, Hupi dan Hupa sakit perut. Ada apa, ya? Kok, mereka bisa sakit perut bersamaan?



 Ini adalah review pertama saya di tahun 2014 yang sekaligus dibuat dalam rangka baca bareng BBI bulan Januari bertema Fabel ^o^

Senin, 13 Januari 2014

Liebster Blog Award




Hari sabtu kemarin, saya di-tag oleh Olive untuk ikut berpartisipasi dalam Liebster Blog Award. Huaa senangnya, padahal kita belum saling mengenal, salam kenal dulu yaaa ;).





Jadi, Liebster Blog Award ini merupakan permainan pertanyaan berantai untuk para blogger yang pertama kali digagas oleh Brigida . Aturan mainnya simpel, setiap blogger yang kena tag cukup menjawab 10 pertanyaan yang diajukan oleh blogger yang men-tag (dalam kasus saya, berarti saya harus menjawab pertanyaan yang diajukan Olive ). Setelah itu, kita juga diminta untuk memaparkan 10 random facts tentang diri kita. Terakhir, kita diminta untuk men-tag 10 blogger lainnya agar permainan ini terus bergulir. Asyik kan? Saya antusias karena permainan ini bisa membuat para blogger lebih saling mengenal :D.

Baiklah, langsung saja kita mulai ^^

Jawaban atas 10 Pertanyaan Olive

1. Awal tertarik mengelola blog buku dari mana?

Jumat, 10 Januari 2014

Pengumuman Pemenang December Puzzler


Halloooo.. :D

Hari ini, tepat tanggal 10 Januari 2014, sesuai janji kami akan mengumumkan siapakah yang beruntung menjadi pemenang pada event December Puzzler. Adakah yang sudah tidak sabar, bahkan mungkin berharap-harap cemas menunggu pengumuman ini keluar? Hihihi... Jika kalian menjawab "saya.. saya..", maka inilah postingan yang kalian tunggu-tunggu itu. Silahkan dibaca sampai habis ^^.


Sebelumnya, saya ingin berterima kasih dulu kepada Bzee dan Aul yang menjadi penggagas giveaway hop ini. Terima kasih juga kepada mbak Desty, Alluna, mas Desem, Selvi, Ryana, Prasasti, Dinda, dan mbak Dessy (beliau lhoh yang bikinin buttonnya, unyu ^^), senang bisa menyelenggarakan giveaway ini bersama-sama kalian :* Senang juga menyimak riddle-riddle yang kalian buat, kreatif-kreatif bangeet, bahkan salah satunya saya jadikan inspirasi buat riddle ke X saya #eh xD.

Tentu, terima kasih tak terhingga buat para peserta, yang udah berkenan meluangkan waktu mengikuti event ini, berkenan kami 'kerjai' untuk menebak riddle, yang kami tahu kadar kesulitannya juga lumayan sulit. Makasiiih, semuanyaaa. Tanpa kalian, event ini gak akan ramai, dan tentu hal tersedih bagi seorang host jika mendapati event yang digagasnya sepi peminat. Untunglah, tidak demikian dengan event December Puzzler ini. So, sekali lagi terima kasih *peluk-peluk*.

Rabu, 08 Januari 2014

[Wrap-Up Post] Read Big Reading Challenge 2013




Ketika membuat blog buku ini pada bulan Juni 2013, saya langsung semangat mendaftar untuk mengikuti beberapa reading challenge. Salah satunya adalah Read Big Reading Challenge yang di-host oleh Ngidam Buku. Dalam challenge ini, kita ditantang untuk membaca dan mereview buku-buku bantal. Definisi buku bantal adalah buku-buku dengan jumlah halaman sekurang-kurangnya 500 halaman.

Pada saat mendaftar, saya nggak terlalu ngoyo sih, hanya memasang target Kelas Bulu/Featherweight (membaca 1-4 buku). Tentu, salah satu alasannya karena saya relatif terlambat mendaftar. Saya ketinggalan 5 bulan dibanding peserta yang sudah mendaftar sejak awal. Namun, alhamdulillah, ternyata saya melampaui target yang ditetapkan. Saya berhasil membaca dan mereview 5 buku, berarti masuk kelas middle-weight yeaaay. Cuma lebih 1 sih dibanding target, tapi tetep aja lah yaa namanya lebih hahaha. Sebenarnya buku bantal yang saya baca lebih banyak lagi, tetapi saya memang sering dijangkiti sindrom malas mereview. Jadi, hanya 5 buku bantal inilah yang sukses saya knock out sepanjang tahun 2013 :


  1. Rose Madder by Stephen King (765 halaman)
  2. Oliver Twist by Charles Dickens (578 halaman)
  3. Dunia Sophie by Jostein Gaarder (798 halaman)
  4. The Da Vinci Code by Dan Brown (680 halaman)
  5. Good Omens by Neil Gaiman dan Terry Pratchett (518 halaman)

Aah, gak ada satupun yang 1.000 halaman, gak dapat poin kelas khusus deh >,<.

Anyway, makasih untuk mbak Dessy atas challenge-nya ini ^^.

Selasa, 07 Januari 2014

Baca Bareng BBI 2014


Sepanjang tahun 2013, saya bisa dibilang anggota BBI yang 'nakal'. Setiap bulan, BBI selalu mengadakan kegiatan Baca Bareng (Read Along) dengan 2 tema berbeda yang sudah ditentukan di awal tahun. Memang, kegiatan ini bukanlah kegiatan yang bersifat wajib untuk diikuti oleh semua anggota. Dan sepanjang tahun 2013, saya hanya pernah satu kali mengikutinya, itupun karena kebetulan buku yang baru selesai saya review ternyata sama dengan tema baca bareng bulan tersebut. Benar-benar bukan anggota yang dapat dibanggakan xD.

Nah, tahun 2014 ini rencananya saya pengen 'insyaf'. Saya berniat untuk ikut kegiatan baca bareng, rutin selama 12 bulan. Setiap bulan kan ada 2 tema, kalau dua-duanya bisa ikut, ya akan saya usahakan, tapi minimal wajib ikut 1. Hossh, doakan saya bisa :D.

button is created by me

Senin, 06 Januari 2014

[Wrap Up Post] TBRR Reading Challenge on Mystery







Mengaku-ngaku sebagai penggemar cerita misteri, tetapi ternyata saya gagal total dalam challenge yang di-host oleh Hobby Buku ini >,<

Dalam challenge ini, ada beberapa pilihan tantangan yang diberikan oleh host dengan hadiah yang berbeda-beda. Niat awalnya sih, tentu saya mengincar yang hadiahnya paling besar, yakni voucher buku persembahan GPU senilai Rp 150.000,00. Untuk bisa memenangkan hadiah tersebut, peserta dituntut untuk membaca dan mereview minimal 12 buku bergenre misteri, dimana setidaknya 8 diantaranya harus terbitan GPU. Saya mengira tantangan ini akan bisa saya taklukkan dengan mudah, mengingat karya penulis favorit saya, Agatha Christie juga diterbitkan oleh GPU. Nyatanya, hingga tahun 2013 berakhir, saya hanya berhasil membaca dan mereview 8 buku saja. Lebih parah lagi, sepanjang bulan Desember saya benar-benar tidak membuat satupun review, padahal di bulan itu ada event yang bisa saya manfaatkan, yakni Agatha Christie's Read Along. Aaaah, gemes >,<.

Baiklah, meskipun kalah, saya tetap merasa berkewajiban membuat recap post ini, sebagai penanda challenge telah berakhir. Dan inilah kedelapan buku misteri yang saya lahap sepanjang tahun 2013 :

  1. Rose Madder by Stephen King (Gramedia Pustaka Utama)
  2. Tirai by Agatha Christie (Gramedia Pustaka Utama)
  3. Poirot's Early Cases by Agatha Christie (Gramedia Pustaka Utama)
  4. Setelah Pemakaman by Agatha Christie (Gramedia Pustaka Utama)
  5. The Da Vinci Code by Dan Brown (Bentang Pustaka)
  6. Angels and Demons by Dan Brown (Bentang Pustaka)
  7. The Lost Symbol by Dan Brown (Bentang Pustaka)
  8. Sepuluh Anak Negro by Agatha Christie (Gramedia Pustaka Utama)
Berarti, saatnya kibarkan bendera putih? Hehe, so sorry to Mbak Maria atas kegagalan challenge ini. But overall, I had a lot of fun along this challenge ^o^.

Jumat, 03 Januari 2014

[Secret Santa 2013] Riddle dari Santaku



Dear my santa..

Hari ini, paket kejutan yang kamu kirimkan sudah mendarat dengan selamat di meja kerjaku. Finally, I said. Setelah menunggu berminggu-minggu, akhirnya aku bisa juga merasakan sensasi bahagia mendapat satu wishlist-ku terwujud lewat tanganmu seperti teman-teman BBI-er lainnya. Saking bahagianya, langsung deh aku buat postingan pamer riddle :P.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Boekenliefhebber Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino